Kumpulan 1001 kata
Kumpulan kata-kata mutiara, kata cinta, pantun, puisi, kata galau, puisi galau, kata hari ibu, dll.

Contoh Puisi Lama Dengan Jenis Pantun dan Syair

Contoh puisi lama merupakan puisi yang diikat oleh beberapa aturan yang mungkin bisa dianggap kuno, namun itulah puisi lama. Kita harus menghargai puisi lama ini, karena bagaimana pun puisi lama merupakan salah satu hasil sastra yang jikalau itu tidak ada tentunya puisi baru atau modern pun takkan lahir. Terlebih lagi jika Anda salah seorang pecinta sastra atau sastrawan, dengan adanya aturan tersebut, Anda akan merasa tertantang dalam membuatnya.

Contoh Puisi Lama
Karena dalam membuat pisi lama, Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam memahami kaidah atau aturan puisi lama tersebut. Pemahaman ini bisa Anda pelajari dengan melihat contoh-contoh puisi lama yang bisa Anda temui dengan mudah di internet. Aturan tersebut pada umumnya seperti, jumlah kata, rima yang berirama dan suku kata yang sama di akhir kalimat.

Puisi lama pun banyak sekali jenisnya, seperti pantun, syair, mantra, gundam, talibun dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada kesempatan ini kita lebih fokus pada puisi lama dengan jenis pantun dan syair.

Pengertian Syair

Syair merupakan bentuk puisi lama yang memiliki suku kata akhir yang sama, memiliki empat baris kalimat dalam satu baitnya. Jenis puisi lama ini pada umumnya ditujukan untuk pemahaman tentang kehidupan, religi dan sebagai hiburan. Syair ini merupakan karya yang bernilai sangat tinggi.

Contoh puisi lama dengan jenis Syair:

Seri Negeri gelaran diberi
Sebuah pulau cantik berseri
Bernaung dibawah sebuah negeri
Raja berdaulat Paduka Seri
Lautnya biru pantainya indah
Makam Mahsuri lagenda sejarah
Puteri Melayu tak mudah menyerah
Tujuh keturunan dimakan sumpah
Pulau lagenda dimakan sumpah
Tujuh keturunan tamatlah sudah
Kini makmur melimpah ruah
Semua penghuni tersenyum megah

Pengertian Pantun

Pantun merupakan jenis puisi asli dari indonesia. Pantun juga dianggap sebagai puisi tertua di negeri kita dan pada masa itu pantun digunakan sebagai media untuk mengungkap perasaan ini dikarenakan di jaman dahulu, orang lebih suka mengungkapkan pikirannya lewat teka teki yang di tumpahkan dalam pantun ini.

Contoh puisi lama dengan jenis Pantun:

Bawa tandu tunda di jalan
Bawalah juga sebilah bambu
Kalau kau rindu tengoklah bulan
Disana kita bisa bertemu
Sekian contoh puisi yang bisa kami berikan bagi kalain semua yang suka dengan puisi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalain semua. Terima kasih

Rating: 4.5